Kamis, 12 Februari 2009

Tips Berhenti Merokok


Tahun 2006 bulan Juli,

Ketika baru masuk sampai hampir tiga tahun ini, banyak pengalaman yang didapat di SLB.

1. Berhenti merokok.

Kebiasaan jelek saya merokok, sudah ditinggalkan 30 bulan yang lalu. Tidak ada obat atau tips yang penting bagi saya, kecuali :
a. Niat yang teguh.
b. Sementara waktu hindari pertemuan kumpul dengan kawan perokok (hampir 1 bulan).
c. Ambil waktu, mulai berhenti ketika bulan puasa. (bagi orang Islam)
d. Hindarkan waktu luang, untuk melakukan kegiatan yang menyehatkan.
e. Kalau ingin lagi untuk merokok, ingat bahaya merokok bagi kesehatan.
f. Makanan ringan bisa sedikit melupakan (permen, kwaci, roti, dsb.) tapi jangan jadi kebiasaan.

Beberapa   pertimbangan saya untuk berhenti merokok. :
a. Di sekolah / tempat kerja tidak ada kawan perokok. (krn mayoritas perempuan, laki-laki 3 orang, dan bukan perokok) ruang kerja ber AC.
b. Anak sudah mulai besar duduk di bangku SMP klas 1 waktu itu, kalau saya tidak berhenti, tak akan bisa melarang anak untuk tidak merokok.
c. Ingin hidup bertahan lebih lama, mengingat bahaya kebiasaan merokok bagi diri maupun orang lain.
d. Harga rokok terus meroket.

Yang jelas sangat banyak manfaatuntuk berhenti merokok. Bagi para pecandu rokok, silahkan Mencoba.

2. Tambah Ilmu

Ketika dihadapkan dengan anak-anak tunarungu, timbul rasa iba saya dan kagum terhadap mereka, ternyata sesama penyandang tunarungu mereka bisa bercanda, komunikasi lewat isyarat tangan.

1 komentar:

  1. Wah... ini bikin penghasilan petani tembakau agak berkurang deh...

    BalasHapus